Panduan Penjual Cek Resi Customer Service : 0812 1794 4022

PEKERJAAN KONTRAKTOR DAN JENIS-JENISNYA

Kontraktor

Pengertian Kontraktor

Persamaan kata dengan istilah umum yang sering kita jumpai yaitu pemborong. Definisi Lain kontraktor berasal dari Kontrak yang artinya surat perjanjian atau kesepakatan kontrak bisa juga berarti sewa. Jadi kata kontraktor bis berarti sebagai orang atau suatu badan hukum atau badan usaha yang di kontrak untuk menjalankan sebuah proyek pekerjaan berdasarkan isi kontrak perjanjian atau kesepakatan oleh pihak pemilik proyek. 

Pemilik proyek dapat berupa instansi atau lembaga pemerintahan, badan hukum, badan usaha, maupun perorangan yang telah melakukan penunjukan secara resmi dengan aturan penunjukan. Target proyek atau order pekerjaan yang tertuang dalam kontrak yang telah disepakati bersama antara pemilik proyek dengan kontraktor pelaksana. 

Pengertian Sub Kontraktor

Ada pula yang bernama sub kontraktor, yaitu orang atau badan hukum yang memborong pekerjaan spesialis tertentu pada kontraktor utama. Misalnya dalam pelaksanaan proyek gedung bertingkat tinggi ada yang namanya sub kontraktor listrik, besi, bekisting, arsitektur, dan lain sejenisnya. 

Tugas dan Tanggung jawab Kontraktor

Tugas dan tanggung jawab seorang kontrak berdasarkan pada pemilik proyek atau pun owner pekerjaan yang telah terlaksanakan oleh kontraktor tersebut. Pekerjaan atau proyek tersebut akan diawasi oleh tim pengawas atau konsultan yang biasanya sudah bekerja atau ditunjuk oleh pemilik ataupun owner. Jika terjadi suatu masalah dalam pelaksanaan proyek maka kontraktor dapat juga berkonsultasi kepada tim pengawas. Sebelum pekerjaan kontraktor dimulai, pekerjaan desain proyek harus betul-betul sudah benar dengan tidak ada kekeliruan sekecil apapun. Adapun tugas dan tanggung jawab dari kontraktor yaitu: 

  1. Pekerjaan pelaksanaan konstruksi harus sesuai dengan peraturan dan spesifikasi yang telah terencana berdasarkan isi dalam kontrak atau kesepakatan. 
  2. Mengupdate laporan perkembangan pelaksanaan proyek atau progress, kepada pemilik proyek dalam halnya yaitu laporan harian, mingguan, serta bulanan. Isi laporan tersebut biasanya meliputi beberapa hal antara lain yaitu, pelaksanaan pekerjaan, perkembangan kerja yang telah tercapai. Jumlah tenaga kerja yang ada, serta pengaruh alam seperti cuaca dan sebagainya. 
  3. Terlaksana jadwal pekerjaan sesuai dengan rencana. 
  4. Menyediakan tenaga kerja, bahan, tempat  demi kelancaran pelaksanaan pekerjaan tersebut. 
  5. Menjaga seluruh alat yang berhubungan dengan pelaksanaan pekerjaan tersebut. 

Cakupan Jasa Kontraktor

Menurut Canadian Home Builders Association anda perlu memeriksa calon r secara menyeluruh sebelum memutuskan siapa yang akan dipekerjakan. Walaupun ada mendapatkan referensi positif dari teman atau tetangga. Periksa juga reputasi kontraktor dan pahami layanan yang dapat dikerjakan oleh kontraktor tersebut.

Jasa desain

Setelah berdiskusi dengan pemilik proyek dan melakukan survei lahan, kontraktor akan memberikan jasa desain proyek secara detail. Mulai dari desain interior, eksterior, hingga fasilitas. Desain ini akan terbentuk sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan budget pemilik proyek. 

Bangunan dan Material

Pada tahap ini kontraktor bertanggung jawab secara penuh terhadap pembersihan lahan, penggalian tanah untuk keperluan pondasi dan pembuatan sumur resapan. Jika perlu, kontraktor akan menggunakan berbagai alat untuk kelancaran proyek. 

Renovasi atau Remodelling 

Pada tahap ini kontraktor akan melakukan renovasi atau remodelling seperti pembongkaran dan perbaikan. Kontraktor bisa saja melakukan perombakan yang berkaitan dengan interior, eksterior dan fasilitas rumah atau gedung. 

Jenis-Jenis Kontraktor

Bidang usaha jasa kontraktor tidak hanya mencakup pembangunan rumah dan gedung tinggi. Ternyata ada banyak bidang yang sesuai dengan kapasitas dan jasa yang ditawarkan. 

Kontraktor bidang arsitektur

Kontraktor bidang arsitektur paling sering berguna untuk masyarakat umum. Pekerjaannya meliputi arsitektur bangunan yang berteknologi sederhana, teknologi menengah, hingga teknologi tinggi, juga arsitektur interior, lanskap dan perawatannya. 

Kontraktor Sipil

Jasa Kontraktor sipil meliputi pembuatan jembatan, jalanan, pembangunan jalur kereta api, landasan pesawat,jalan bawah tanah, terowongan, bendungan, hingga drainase. Pembuatan infrastruktur gedung, konstruksi pabrik dantambang menjadi tugas bagian dari jasa kontraktor bidang ini. 

Kontraktor Bidang Lingkungan

Bidang ini mengurus hal-hal yang berhubungan dengan rencana penataan perkotaan, meliputi analisis dampak lingkungan, teknik lingkungan, bangunan pengolahan air bersih, dan pengolahan limbah. Pengembangan wilayah, perpipaan, air bersih dan limbah, hingga perawatannya. 

Kontraktor elektrikal

Jasa Kontraktor elektrikal memiliki tanggung jawab terhadap kelistrikan seperti instalasi pembangkt instalasi listrik jaringan transmisi dan distribusi, sinyal dan telekomunikasi kereta api, telekomunikasi dan sarana bantu navigasi udara dan laut penangkal petir hingga pemancar radio. 

Kontraktor Bidang mekanikal

Jasa kontraktor mekanikal bertanggung jawab terhadap instalasi  AC, mesin industri, minyak atau gas konstruksi lift dan eskalator hingga perawatannya.

Share :

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lihat Produk Lainnya

Scroll to Top